Akreditasi Perpustakaan

Komponen 1 : Koleksi Perpustakaan

  1. Memiliki kebijakan tertulis pengembangan koleksi dan disahkan oleh pihak yang berwenang;
  2. Pelaksanaan kebijakan pengembangan koleksi (laporan pelaksanaan);
  3. Jumlah kegiatan survei kebutuhan pemustaka yang dilakukan oleh perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  4. Jumlah koleksi buku tercetak (termasuk koleksi referensi, tdk termasuk repositori);
  5. Jenis koleksi referensi yang dimiliki (kamus, ensiklopedia, bibliografi, katalog, indeks, direktori, handbook/manual, statistik, atlas, globe, dll.);
  6. Jumlah jurnal ilmiah tercetak yang relevan dapat diakses, untuk setiap program studi;
  7. Jenis koleksi muatan lokal atau repositori terdiri dari hasil karya ilmiah civitas academica;
  8. Persentase jumlah penambahan koleksi buku tercetak (judul) rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  9. Persentase koleksi buku tercetak yang tahun terbitnya 5 (lima) tahun terakhir;
  10. Buku elektronik yang dimiliki perpustakaan dan/atau dapat diakses secara online;
  11. Jumlah rerata jurnal ilmiah elektronik yang relevan, dapat di akses dan tersedia di lam an web perpustakaan untuk masing- masing program studi;
  12. Jumlah basis data elektronik yang dilanggan perpustakaan;
  13. Jenis kebijakan tertulis dalam pengorganisasian koleksi perpustakaan yang dimiliki;
  14. Penerapan standar/pedoman dalam pengorganisasian koleksi perpustakaan; (1) deskripsi bibliografi, (2) klasifikasi, dan (3) tajuk subjek;
  15. Sistem otomasi pengolahan koleksi perpustakaan dan pengorganisasian koleksi perpustakaan, termasuk sistem “backup”;
  16. Cacah ulang (stock opname) koleksi perpustakaan dilakukan secara reguler;
  17. Penyiangan (weeding) koleksi perpustakaan dilakukan secara reguler;
  18. Kegiatan pelestarian (perawatan dan perbaikan kerusakan) koleksi secara preventif dan kuratif.

Komponen 2 : Sarana dan Prasarana Perpustakaan

  1. Luas gedung/ruang perpustakaan yang dimiliki;
  2. Status kepemilikan dan desain gedung/ruang perpustakaan;
  3. Rak buku tercetak (termasuk koleksi referensi) pilih salah satu sesuai jumlah koleksi yang dimiliki;
  4. Jumlah rak koleksi jurnal ilmiah;
  5. Rak display koleksi buku baru;
  6. Perangkat multimedia yang dimiliki;
  7. Sarana layanan pemustaka;
  8. Jumlah meja dan kursi baca (standar 1 meia memuat 4 kursi);
  9. Jumlah papan pengumuman (konvensional dan elektronik /digital);
  10. Persentase jumlah perangkat komputer tenaga perpustakaan untuk kegiatan pengelolaan (perbandingan jumlah komputer dan tenaga perpustakaan);
  11. Jumlah perangkat komputer untuk pemustaka;
  12. Kapasitas kecepatan akses internet (bandwidth) di perpustakaan;
  13. Jenis sarana keamanan gedung dan fasilitas perpustakaan;
  14. Fasilitas umum;
  15. Rambu-rambu perpustakaan yang tersedia.

Komponen 3 : Pelayanan Perpustakaan

  1. Jenis layanan perpustakaan;
  2. Jenis layanan referensi yang disediakan;
  3. Kegiatan peningkatan layanan perpustakaan;
  4. Jam buka perpustakaan per minggu;
  5. Sistem layanan sirkulasi;
  6. Sistem akses informasi ke koleksi;
  7. Fitur Website perpustakaan;
  8. Prosedur keanggotaan perpustakaan;
  9. Jumlah rerata pengunjung perpustakaan per bulan dalam 1 (satu) tahun;
  10. Jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang berkunjung ke perpustakaan dari keseluruhan dosen dan tenaga kependidikan rerata per bulan dalam 1 (satu) tahun;
  11. Jumlah rerata pengunjung perpustakaan melalui online per bulan dalam 1 (satu) tahun;
  12. Jumlah rerata buku yang dipinjam per bulan dalam 1 (satu) tahun;
  13. Jenis kegiatan promosi yang dilaksanakan melalui media cetak dan elektronik;
  14. Jumlah kegiatan promosi perpustakaan per tahun;
  15. Peran perpustakaan dalam mengurangi praktek plagiarisme.

Komponen 4 : Tenaga Perpustakaan

  1. Kualifikasi pendidikan kepala perpustakaan;
  2. Status kepala perpustakaan;
  3. Jumlah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kepala perpustakaan di bidang perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  4. Jumlah pustakawan (fungsional/]arofesional);
  5. Jumlah tenaga teknis;
  6. Tenaga teknis bidang IT;
  7. Persentase jumlah tenaga perpustakaan yang berlatar belakang pendidikan minimal S1 perpustakaan dan/atau SI bidang lain ditambah diklat bidang Perpustakaan dari keseluruhan tenaga perpustakaan;
  8. Persentase jumlah pustakawan/tenaga profesional perpustakaan yang mengikuti sertifikasi profesi pustakawan;
  9. Jumlah rerata keikutsertaan tenaga perpustakaan dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di bidang perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  10. Persentase jumlah keikutsertaan tenaga perpustakaan dalam organisasi profesi bidang kepustakawanan.

Komponen 5 : Penyelenggaraan Perpustakaan

  1. Pendirian Perpustakaan Perguruan Tinggi;
  2. Status Kelembagaan Perpustakaan;
  3. Status perpustakaan dalam pengambilan keputusan Perguruan Tinggi;
  4. Unsur Komite Perpustakaan / sejenisnya;
  5. Struktur organisasi perpustakaan;
  6. Pertanggungjawaban kepala perpustakaan;
  7. Pencantuman NPP;
  8. Perpustakaan memiliki rencana induk/rencana strategis pengembangan perpustakaan secara tertulis;
  9. Perpustakaan memiliki program kerja tahunan secara tertulis;

Komponen 6 : Pengelolaan Perpustakaan

  1. Perpustakaan memiliki visi, misi, tujuan, dan tugas yang dirumuskan secara tertulis;
  2. Pelaporan kinerja perpustakaan yang disahkan oleh kepala perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  3. Persentase jumlah anggaran perpustakaan rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir terhadap anggaran perguruan tinggi;
  4. Jumlah dana partisipasi masyarakat/ alumni yang tidak mengikat dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  5. Anggaran untuk pengembangan koleksi perpustakaan rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir terhadap anggaran perpustakaan;
  6. Kerja sama Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perpustakaan.

Komponen 7 : Inovasi dan Kreativitas

  1. Program dan kegiatan inovasi dan kreativitas perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  2. Karya inovasi dan kreativitas perpustakaan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  3. Keunikan perpustakaan;
  4. Prestasi perpustakaan dan pustakawan dalam 3 (tiga) tahun terakhir;
  5. Apresiasi kinerja perpustakaan dan pustakawan dari lembaga induk dan/atau lembaga eksternal dalam 3 (tiga) tahun terakhir.

Komponen 8 : Tingkat Kegemaran Membaca

  1. Persentase jumlah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan dari keseluruhan pemustaka rerata per hari dalam 1 (satu) tahun terakhir;
  2. Persentase jumlah koleksi yang digunakan oleh pemustaka terhadap keseluruhan koleksi perpustakaan rerata per hari dalam 1 (satu) tahun terakhir;
  3. Persentase jumlah pemustaka yang memanfaatkan repositori dari jumlah pemustaka aktif per hari dalam 1 (satu) tahun terakhir;
  4. Keberadaan pegiat literasi.

Komponen 9 : Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat

  1. Rasio antara jumlah pemustaka (dosen, tendik dan mahasiswa) dengan jumlah keseluruhan judul koleksi yang dimiliki, rerata per tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir
  2. Rasio antara jumlah pustakawan dengan pemustaka (dosen, tendik dan mahasiswa)
  3. Pemerataan layanan perpustakaan untuk pemustaka (dosen, tendik dan mahasiswa) di semua prodi dan lembaga atau unit yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi;
  4. Jumlah rerata kegiatan perpustakaan yang melibatkan peran serta pemustaka (dosen, tendik dan mahasiswa) setiap tahun dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
slot gacor